Assalamualaikum  warahmatullahi wa barokatuh 

Salam Cinta Anak Usia Dini Indonesia….Salam sejahtera buat kita semua

Marilah kita mensyukuri bersama, HIMPAUDI sudah berusia 12 tahun. Segenap terimakasih kepada semua pihak yang telah melahirkan HIMPAUDI  pada tanggal 31 Agustus 2005 di Malang. Yang telah membuat Logo HIMPAUDI dengan gambar lompatan orang dewasa dan anak yang sama-sama memegang tiang bendera Merah Putih dengan simbol hati ditengahnya.  Ini lambang “lompatan bersama pendidik dan anak didik  dalam menggapai cita-cita membangun Indonesia dengan segenap cinta dan kasih sayang”. 

HIMPAUDI lahir pada tahun yang sama saat Undang-Undang Guru dan Dosen (UU No.14/2005) disahkan. Undang-undang ini bentuk pengakuan dan komitmen tinggi  negara  terhadap peran pentingnya Guru namun amat disayangkan isinya menyebutkan  Guru  PAUD  Non  Formal bukanlah dianggap Guru. Pada tahun 2017 ini telah keluar pula PP No.19 tahun 2017 yang juga menempatkan hanya Guru PAUD Formal saja yang dianggap Guru.  Regulasi ini bermuara pada diskriminasi dalam memperoleh hak  pembinaan dan kesejahteran Guru PAUD. Pekerjaan mulia Guru PAUD Non Formal tidak dianggap sebagai sebuah profesi sehingga tidak bisa mendapatkan Serifikasi Profesi sebagai Guru PAUD Formal. 

Sesuai amanat Pancasila dan UUD 1945, seharusnya tidak ada diskriminasi terhadap guru yang tugas dan kewajibannya memang sama.  Semua guru PAUD baik di TK, RA, KB, TPA dan SPS memiliki tugas mulia yang sama seperti yang tertuang dalam Standar PAUD, Permendikbud No.137/2014 dan kurikulum PAUD Permendikbud 146/2014. PAUD Formal dan Nonformal juga sama-sama diakreditasi oleh BAN PAUD&PNF.  Setiap Anak Usia Dini Indonesia harus mendapatkan guru bermutu dan lembaga PAUD yang layak tanpa melihat anak ini sedang dilayani dimana.   SEMUA Anak Usia Dini dimanapun mereka berada, mereka adalah anak yang sedang pesat tumbuh kembang otaknya; sedang berkembang tulang, otot dan organ vitalnya; sedang dibentuk seluruh karakter&spritualnya, sedang ditumbuhkan pengendalian dirinya dan sedang ditumbuhkan kecerdasan komprehensifnya….Anak usia dini hari ini, pewaris masa depan bangsa. Kepada mereka, negeri ini terhutang janji untuk mencerdaskan; memenuhi hak-hak mereka mendapatkan gizi yang cukup&berkualitas dan mendapat PAUD yang layak dengan guru yang kompeten dan kualified.  Kepada mereka, pewaris masa depan bangsa ini, kita tidak bisa bilang “nanti” juga tidak berguna kata “Maaf” jika semua sudah terlampaui. Karena itulah KESETARAAN GURU PAUD menjadi kata kunci penting mewujudkan masa depan bangsa yang gilang, cemerlang dan terbilang.

Guru adalah pelukis masa depan bangsa. Malpraktik PAUD karena guru tidak dipersiapkan terlebih dulu sebelum bertugas berdampak permanen yang sulit diperbaiki. Karena itulah, pada saat kondisi sesulit apapun dan dalam kondisi landasan yuridis yang belum setara, HIMPAUDI yang sudah berada di semua Provinsi, 92% Kabupaten Kota dan 72% Kecamatan terus bergerak dengan Gerakan Satu Hati, Satu Aksi dan Satu Dedikasi bersama 400.000 guru PAUD Non Formal Se-Indonesia.

HUT HIMPAUDI tahun ini, diisi dengan serangkaian kegiatan yang bertajuk BULAN BAKTI HIMPAUDI UNTUK NEGERI. Beberapa persoalan bangsa menginspirasi kita untuk meneruskan kegiatan Gerakan Nasional Pembelajaran Aku Anak Jujur (GERNAS MANJUR), Gerakan Pendidikan Keluarga, Gerakan PAUD Berkualitas dan Gerakan Nasional HIMPAUDI Melatih (GERNAPATIH)  yang telah kita mulai sejak tahun 2015.  Pada tahun ini, sejalan dengan Tujuan Pendidikan Nasional “Mewujudkan Peserta Didik Sehat”,  HIMPAUDI mendeklarasikan Gerakan Nasional Perbaikan Gizi Anak Usia Dini sebagai upaya bersama terhadap masalah Gizi Kronis (Stunting) pada 37,5% anak balita.   

Apapun tujuan yang ingin diwujudkan di lembaga PAUD, Guru adalah nyawanya, guru adalah penentunya!. Sejalan dengan semangat tersebut HIMPAUDI serentak Se-Indonesia pada hari Minggu Pagi, 27 Agustus 2017 ini, melaksanakan JALAN SEHAT HIMPAUDI. LANGKAH BERSAMA MENUJU KESETARAAN GURU PAUD. Karena Kita telah bertekad dan melangkah bersama memperjuangkan kesetaraan ini. Perjuangan revisi UU Guru&Dosen dan mendorong kebijakan & program yang berpihak pada Mutu Guru PAUD tanpa terkecuali.  Kita sedang berproses……………kita sedang melangkah………….Bersama!

Kita yakin dan percaya, atas Izin Allah yang maha penolong, melalui kebersamaan kita se Indonesia, melalui keteguhan hati kita untuk memperjuangkan kebaikan, melalui pendidik PAUD yang tetap menjaga Cinta & Idealisme dalam kondisi apapun, akan datang masa dimana Setiap Guru, Mulia dan Setara. Lalu kita songsong datangnya Generasi Baru Cerdas Berintegritas untuk Indonesia Hebat 

HIMPAUDI….JAYA!          HIMPAUDI…JAYA!! INDONESIA…JAYA!!!

DIRGAHAYU HIMPAUDI….JAYALAH SELALU

Mari selalu Satu Hati, Satu Aksi dan Satu Dedikasi untuk kejayaan anak negeri

Dengan sepenuh hati disampaikan rasa terimakasih kepada semua pihak tanpa terkecuali yang telah bermitra, mendukung dan bersama HIMPAUDI sejak tahun 2005 sampai hari ini. Terimakasih tulus disampaikan kepada semua Laskar Pejuang HIMPAUDI dimanapun berada. Semoga Allah meridhoi niat dan ikhtiar baik kita semua.  Teriring permohonan maaf kami. Segala hal yang baik hanya milik Allah semata.. Semoga Allah SWT meridhoi niat baik kita semua..

DIRGAHAYU HIMPAUDI KE-12 .

Salam Cinta Anak Usia Dini

Prof. DR. Ir. Hj. Netti Herawati. M.Si
(HP/WA 08119999313; Email: n e t t ih e r a w a t i.p a u d @ g m a i l.c o m)

SAMBUTAN KETUA UMUM PP HIMPAUDI PERINGATAN HUT Ke-12 HIMPAUDI