Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini  (HIMPAUDI) sebagai salah satu Organisasi Mitra PAUD pemerintah, senantiasa tanggap terhadap perubahan dan kebutuhan organisasi. Untuk itu, HIMPAUDI selalu berupaya untuk terus meningkatkan mutu layanan dalam rangka menuju terwujudnya Organisasi Yang Mandiri dan Profesional.

Di sisi lain, makin berkembangnya dinamika dalam berbagai aspek keorganisasian menuntut penataan internal yang komprehensif. Hal ini dilakukan untuk memenuhi tuntutan kondisi internal yang berupa kebijakan organisasi dari tingkat pusat (nasional) dan tuntutan normatif lain yang melingkupi gerak HIMPAUDI.

Salah satu proses penataan  organisasi secara komprehensif dilakukan melalui Rapat Kerja Wilayah yang melibatkan Pengurus Wilayah (Provinsi Jawa Tengah) dan Pengurus Daerah (35 kabupaten/kota se-Jawa Tengah). Tiap daerah mengirimkan tujuh (7) orang peserta yang terdiri dari ketua, bendahara, sekretaris, ketua bidang organisasi, ketua bidang penelitian dan pengembangan, ketua bidang humas, dan ketua bidang kesejahteraan, sosial, dan ekonomi. Beserta pengurus daerah, panitia, dan undangan, total peserta sebanyak 275 orang.  Diharapkan dalam rapat kerja tersebut terjadi komunikasi yang harmonis antar pengurus di tingkat provinsi dan daerah dalam proses evaluasi kinerja serta mencari alternatif solusi yang akan digunakan sebagai dasar kebijakan organisasi maupun program kerja di tahun berikutnya.

Dalam rapat kerja wilayah kali ini, selain dilakukan evaluasi terhadap kinerja organisasi di tahun 2016, akan dilakukan proses sosialisasi prosedur standar operasional organisasi (SOP). SOP menjadi bagian penting organisasi dalam usaha mewujudkan budaya dan perilaku standar menuju terbentuknya Organisasi yang Mandiri dan Profesional dalam mewujudkan layanan PAUD dan berkualitas.

Hasil yang diharapkan dari rakerwil ini adalah:

  1. Laporan hasil evaluasi pelaksanaan program di tahun 2016.
  2. Tertatanya serta tersosialisasikannya rencana program kerja jangka pendek, menengah dan panjang di semua jenjang organisasi.
  3. Peserta mengetahui, memiliki persepsi yang sama serta menyepakati keberadaan prosedur standar operasional HIMPAUDI sebagai standar dalam berorganisasi.
  4. Materi untuk Rapat Kerja Nasional berdasar hasil Rakerwil siap untuk dilaporkan.

Kegiatan diadakan di Kompleks Akmil (Magelang) pada tanggal 25 Februari hingga 26 Februari 2017. Di hari pertama daidakan rapat kerja yang diawali dengan paparan mengenai fraud dan korupsi oleh Bapak Haryoko R. Wirjosoetomo (pakar bidang risk management) yang menjadi konsultan penyusunan SOP HIMPAUDI Jawa Tengah. Poin penting dalam paparan beliau adalah perlunya SOP organisasi dalam organisasi yang profesional. Keberadaan SOP ini akan berfungsi melindungi anggota maupun pengurus dari potensi fraud dan korupsi. Dilanjutkan dengan launching laman yang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu saluran pengaduan anggota, pendataan, pendaftaran anggota, informasi, maupun file-file yang berkaitan dengan kebijakan maupun informasi ke-PAUD-an.

Setelah makan siang, kegiatan dilanjutkan dengan paparan dari ketua dan masing-masing bidang organisasi mengenai kinerja 2016 dan rencana 2017 termasuk evaluasi atas kinerja  serta tanggapan dari peserta. Sesi malam diisi dengan kegiatan rapat bidang, paparan dan masukan SOP per bidang, serta penjelasan mengenai juknis lomba atau kegiatan tahun 2017.

Di hari kedua, peserta mengikuti kegiatan outbond yang didampingi oleh tim akmil. Kegiatan diawali dengan kegiatan mendaki Gunung Tidar yang dilanjutkan dengan kegiatan fisik dan psikologis dalam tim. Keakraban, sinergitas, kepemimpinan, tim kerja, dan aspek-aspek penting dalam organisasi menjadi tujuan dari kegiatan ini.

Diharapkan kegiatan ini menjadi salah satu langkah HIMPAUDI dalam mencapai visi yaitu menjadi organisasi mandiri dan Profesional untuk mewujudkan Pendidik PAUD yang kompeten, kualifikatif, dihargai dan dilindungi pada tahun 2025.

RAPAT KERJA WILAYAH HIMPAUDI JAWA TENGAH
Tag pada: