Sejarah

  1. SEJARAH BERDIRINYA HIMPAUDI JAWA TENGAH

HIMPAUDI atau Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia adalah sebuah organisasi profesi pendidik anak usia dini yaitu wadah bagi para pendidik anak usia dini maupun praktisi dan professional lain yang peduli ataupun terlibat aktif dalam proses pendidikan anak usia dini.

Dalam visi misi secara umum HIMPAUDI mempunyai peran serta dalam upaya pembangunan manusia Indonesia, yaitu pembangunan menuju terciptanya manusia seutuhnya yang beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cerdas, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang bertanggungjawab kepada nusa dan bangsa.

Berdirinya HIMPAUDI Jawa Tengah diawali dengan adanya komitmen berbagai elemen dalam masyarakat, diantaranya para pemerhati, praktisi dan akademisi yang menaruh perhatian  terhadap pendidikan anak usia dini, sejalan dengan gencarnya Direktorat PAUD dalam mensosialisasikan program pendidikan anak usia dini terutama di Jawa Tengah melalui Dinas Pendidkan Provinsi Jawa Tengah. Adanya forum PAUD yang menjadi penguat berhimpunnya masyarakat peduli PAUD (sebelumnya bernama PADU).

Pasca Workshop Himpaudi seluruh Indonesia pada tanggal 26 – 28 Maret Hotel Mirah Bogor dalam rangka persiapan Musyawarah Nasional pertama Himpaudi, untuk Jawa Tengah dideklarasikan  pada tanggal  9 Februari 2006 di Semarang dengan  Ketua terpilih yaitu Ir. Nila Kusumaningtyas (sesuai dengan SK PP Himpaudi No. 002./KEP/PPHIMPAUDI/II/ 2006).

Sebagai organisasi profesi non profit dan non politik, maka proses panjang harus dilalui oleh Himpaudi Jawa Tengah dari pendaftaran secara legal formal serta pendekatan kepada banyak pihak yang terkait dengan jalannya organisasi di kemudian hari. Tercatat dengan akta notaries tanggal 13 Agustus 2007, dan surat keterangan terdaftar pada Departemen keuangan RI Ditjen Pajak, No : PEM-563/WPJ.10/KP.0403/2007 dengan no NPWP. 02.583.196.7-508.000 dengan sekretariat di PAUD Taman Belia Candi Semarang.

Setelah dilantiknya Pengurus Wilayah Himpaudi Jawa Tengah, maka secara simultan terbentuk dan dilantik pula Pengurus Daerah Himpaudi di 35 Kab/Kota se-Jawa Tengah untuk masa jabatan 2006 – 2010. Kerja organisasi dimulai untuk  memperjua ngkan upaya mulia ditengah keterbatasan dan  kendala yang menghadang.

Pada perjalanan Himpaudi Jawa Tengah, banyak hal yang kemudian dilakukan. Pengadaan batik seragam Himpaudi jawa Tengah yang dikomandani bidang Kesosek, serta penerbitan Majalah yang kemudian diberi nama MAUDI (Majalah Anak Usia Dini Indonesia) pada bidang Humas dengan sasaran pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini sebagai wadah untuk meningkatkan  diri, menjadi awal perjuangan kemandirian organisasi. Pada periode 1, telah terbit MAUDI sebanyak 6 edisi dan 3 edisi MAUDIKU pada periode 2.

Program kerja tepat sasaran, terpadu, kerjasama organisasi dan pembenahan tiada henti di tubuh Himpaudi Jawa Tengah  membawa organisasi ini dari merangkak hingga berlari mengejar prestasi. Diantara prestasi yang diperoleh yaitu :

  1. Penorehan Rekor Membangun lebih dari 1000 balok membentuk replika bangunan dari 35 Kab/Kota se-Jawa tengah  dari MURI tahun 2006 bersamaan dengan Hari Anak Nasional (HAN) Provinsi Jateng di Kampung Kopi Banaran, tangggal 10 Juni 2006 bekerjasama dengan Dinas P & K
  2. Mitra PAUD Berprestasi Jawa Tengah tahun 2007 melalui Pencanangan 1000 Pos PAUD
  3. Ditetapkannya Pusat Unggulan tingkat Provisi dan Kabupaten oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI tahun 2008
  4. Juara I Mitra PAUD Berprestasi tingkat Nasional tahun 2009 yang diberikan pada puncak peringatan Hari Aksara Internasional di Banten, Jawa Barat

Dengan kerjasama semua pihak, termasuk Himpaudi Jawa Tengah dan Dinas Pendidikan & Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Pusat Unggulan PAUD dimiliki oleh Jawa Tengah, yaitu Pusat Unggulan PAUD Tingkat Provinsi bertempat di PAUD Taman Belia Candi Semarang (tahun 2007), Tingkat Kabupaten di PAUD Mutiara ibu Purworejo serta di Kab. Karanganyar (tahun 2007), tingkat Kota/Kabupaten yaitu Kota Semarang, Cilacap, Kabupaten Tegal dan  Kab. Kudus (tahun 2008), tingkat Kabupaten yaitu Kabupaten Pati dan Blora (2009). Pada tahun-tahun berikutnya adalah Pusat Unggulan PAUD tingkat kecamatan.

Banyak kegiatan yang bersifat peningkatan  kompetensi untuk para pendidik dan tenaga kependidikan diselenggarakan  oleh Himpaudi Jawa Tengah, diantaranya Seminar Stimulasi Neurokinestetik di Hotel Asia, Solo dengan nara sumber dr. Adre Mayza, Sp.S dan Nawangsasi Takarini M.Sc. Dilanjutkan dengan Workshop Stimulasi Neuro Kinestetik untuk membantu kesiapan belajar anak di IKIP PGRI Semarang dengan nara sumber dr. Anne Gracia dan Togu Perdamean dari Smart Brain Energy, serta kegiatan lain yang dilakukan.

Pada periode selanjutnya yaitu di Musyawarah Wilayah I Himpaudi Jawa Tengah bertempat di Hotel Patra Jasa Semarang pada tanggal 26 Oktober 2010, kembali terpilih Ir. Nila Kusumaningtyas sebagai Ketua periode 2010 – 2014 sesuai SK PP Himpaudi  No. 20/KEP/PP HIMPAUDI/X/2010. Kegiatan Muswil ini berbarengan dengan Seminar Nasional Pembelajaran Berpusat pada anak dengan nara sumber Pamela Phelps, Phd dan Laura Stannard, Phd dari Florida tentang model pembelajaran BCCT.

Periode berikutnya melalui Musyawarah Wilayah II Himpaudi Jawa Tengah pada tanggal 10 Januari 2015, yang bertempat di P2PAUDNI Regional II Semarang, melalui jalur pemilihan dan pengambilan suara dari peserta Muswil, terpilih Dedy Andrianto, S.Sos sebagai ketua PW Himpaudi Jawa Tengah periode 2015 – 2019 yang dikukuhkan dengan SK Nomor; 009/KEP/PP HIMPAUDI/I/2015, oleh Ketua Umum PP Himpaudi Jawa Tengah, Prof. Dr. Ir. Netty Herawati, M.Si.

Amanah dalam Perjuangan Himpaudi, diibaratkan sebagai ‘Sajadah Panjang’ yang terbentang, tempat berbakti dan mengabdi, melayani anak usia dini, diseluruh pelosok negeri.

About

View all posts by

Tinggalkan Balasan