Rakerwil IV HIMPAUDI Jawa Tengah – Tahun 2018

RAKERWIL IV HIMPAUDI JAWA TENGAH – TAHUN 2018
(late post)

Rakerwil tahun ini mengusung tema “HIMPAUDI yang Profesional dan Mandiri Menuju Kesetaraan Pendidik Anak Usia Dini” dihadiri oleh 70 orang utusan Pengurus Daerah dari 35 Kota/Kabupaten se Jawa Tengah. Berlangsung tanggal 27 – 28 Februari 2017 di Hotel Candi Indah Semarang, tepat sehari setelah penyelenggaraan Rakernas dan Rakornas HIMPAUDI di Bandung. Oleh karena itu pada sesi awal Rakerwil disampaikan oleh-oleh dari Rakernas dan Rakornas yang masih segar dan up to date.

Ada satu produk unggulan Himpaudi Jawa Tengah yang diluncurkan dan ditetapkan oleh Ketua PW Himpaudi Jawa Tengah saat Rakerwil ini, yaitu Standar Operasional Prosedur (SOP) Himpaudi Jawa Tengah. Buku SOP ini akan menjadi panduan bagi pengurus Himpaudi dalam bekerja sesuai tugas dan fungsinya. Mencermati perjalanan terwujudnya buku SOP Himpaudi Jawa Tengah ini menjadi menarik, karena membutuhkan proses pembuatan cukup panjang dan melibatkan Pengurus Wilayah dan Daerah. Kisah perjalanan SOP ini akan dimuat di artikel berikutnya.
Seperti Rakerwil sebelumnya, acara diisi oleh paparan Evaluasi Program Kerja 2017 dan Program Kerja Tahun 2018 dari setiap bidang, termasuk sekretaris dan bendahara. Namun ada yang sedikit berbeda kali ini, setiap bidang membuat simulasi penggunaan SOP yang melibatkan peserta secara aktif. Sehingga peserta dibawa untuk membuka lembaran-lembaran buku SOP yang dibagikan 1 buku per daerah. Diskusi-diskusi pendek mengalir secara interaktif yang menyebabkan peserta asyik menyimak buku SOP yang ada di tangannya. Kehadiran sebuah buku tidaklah berarti tanpa dipahami.
Materi paparan Rakerwil dapat diunduh disini

Penandatanganan SK Penetapan SOP Himpaudi Jawa Tengah

Rasanya kehadiran para utusan PD dan PW dalam sebuah momen sangat sayang jika berlalu tanpa kesan. Kehadiran tim ESQ yang mengajak seluruh peserta merenung dan menguatkan kembali akan tujuan hidup. Sontak suasana menjadi haru, tak sedikit yang meneteskan air mata. Komitmen untuk mewujudkan visi Himpaudi kembali ditorehkan dalam kalbu setiap peserta.
Di penghujung Rakerwil IV Himpaudi Jawa Tengah ada kejutan-kejutan segar yang mewarnai acara. Pemberian reward kepada PD Kab. Kebumen dan PD Kab. Batang yang telah sukses sebagai pioneer dalam melakukan pendataan anggota secara online via Website Himpaudi Jawa Tengah. Selain itu reward juga diberikan kepada PD Kab. Wonogiri, PD Kota Tegal dan PD Kab. Kendal yang telah mengelola Website Himpaudi Daerah secara aktif. Kehadiran kaum adam yang masih langka di dunia PAUD, tak luput untuk di apresiasi. Ketua PW dan Ketua PD yang bergender laki-laki sejati mendapatkan bingkisan produk perawatan kecantikan dari Mustika Ratu. Bingkisan tersebut akan diberikan pada para istri tercinta yang telah mendukung perjuangan mereka di Himpaudi.
Rakerwil IV ditutup secara resmi oleh Wakil Ketua II PW, ibu Sri Kurnianingsih pada jam 14.30 WIB. Semoga hasil dari Rakerwil IV ini dapat bermanfaat untuk memajukan Himpaudi di seluruh Jawa Tengah.

Sampai jumpa di Musyawarah Wilayah tahun depan……!!

(ICHA)

About

View all posts by